MENERAWANG MASALAH KISRUH DANA BANTUAN PEMPROV DI UNLAM

Siapa rektor kedepan (terlantik. Red) untuk unlam belumlah juga selesai namun kembali dalam 1 bulan ini media lokal kalimantan selatan dihiasi dengan berita pemeriksaan oleh polda kalsel terkait permasalahan bantuan dana dari APBD pemprov kalsel kepada universitas lambung mangkurat dimana pemberitaan terkait bahwa ada dugaan kejanggalan dalam hal wewenang pengelolaan dan distribusi terhadap dana bantuan pemprov kalsel tersebut. Dana untuk peningkatan kapasitas pendidik (beasiswa untuk dosen) unlam seperti yang disebutkan dalam Renstra unlam 2006 – 2010 yakni peningkatan kualitas dan kuantitas dosen, menjadi headline. ini membuat keperihatinan kepada penulis sebab inipasti akan menghadirkan dampak terhadap unlam akibat pemberitaan ini  terlepas terukur atau tidak dampak tersebut.

Nilai demokrasi indonesia mengajarkan sebuah bentuk demokrasi konstitusional yang bentuk yuridisnya adalah tunduk kepada UUD dan derivasinya sebagai sebuah bangunan negara yang berdemokrasi selain aspek politik dan sosiologisnya. sehingga nilai – nilai dalam demokrasi itu coba menjadi landasan sikap.  Disini penulis tak ingin menghakimi, salah atau benar karena itu bukanlah kapasitas penulis dan biarkan proses pemeriksaan yang masih terus berlangsung ini akan menunjukkan kesimpulannya.

Unlam yang telah berumur 52 tahun di hitung sejak tanggal 21 september 1958 yang berarti unlam merupakan sebuah lembaga  pendidikan yang telah memiliki usia cukup berumur serta boleh dikatakan berpengalaman.  Ketika melihat unlam konteks atas periode waktu (sejarah) maka kebanggan akan unlam itu secara pribadi akan selalu muncul karena sejarah unlam sebagai sebuah lembaga pendidikan telah melalui, menyaksikan dan merasakan tiga era pemerintahan mulai dari era orde lama yang berakhir 1960 dikatakan era konfigurasi pertarungan ideologi, era orde baru yang berakhir 1998 di katakan Otoriter dan korup, dan era reformasi yang di kenal sebagai era demokrasi yang menjunjung keluhuran, keterbukaan (Transparansi),  dan kebertanggung jawaban (Akutanbilitas) sehingga rekam dinamika ini, seharusnya dapat menjadikan unlam sebagai model contoh pengelolaan lembaga yang baik untuk universitas – universitas lain di kalimantan.

TUGAS Dan FUNGSI ANGGOTA SENAT UNLAM

Dan ingat, di mana Anda memiliki konsentrasi kekuasaan di tangan beberapa orang tanpa nilai dan sering mendapatkan kekuasaan. Sejarah telah membuktikan bahwa Kekuasaan itu cenderung korup, dan kekuasaan mutlak itu korup secara mutlak (John Emerich Edward Dalberg Acton)

Adagium lama  dari lord acton tentang politik kekuasaan sudah mengatakan bahwa ketika kekuasaan itu di kelola jauh dari nilai-nilai dan tak terkontrol  maka penyelewangan pasti akan terjadi. Sehingga ketika berbicara dalam konteks unlam hari ini atas kisruh dana terlepas dari terjadi atau tidak penyelewengan, penulis mengamati hal ini terjadi karena senat unlam untuk komunikasi dan koordinasi internal masih kurang untuk mempertegas aturan di wilayah apa yang menjadi objek strategis dan vital Unlam yang sebenarnya di sini senat memiliki kekuasaan untuk melakukan pengontrolan dalam hal administrasi maupun keuangan tentunya dengan membuat sebuah aturan yang efektif dan efisien dalam STATUTA dan bentuk aturan turunan lainya nya.  PP No. 60 Tahun 1999 Pasal 41 Ayat 1  Senat universitas/institut merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di universitas/institut dan ayat 2 Senat universitas/institut mempunyai tugas pokok: a) merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan universitas/institut;  b) merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian sivitas akademi; c) merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi; d) memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja universitas/institut yang diajukan oleh pimpinan universitas/institut; e) menilai pertanggungjawaban pimpinan universitas/institut atas pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan.

PP No. 60 Tahun 1999

Dalam tiap pemerintahan ada tiga macam kekuasaan: kekuasaan legislatif; kekuasaan eksekutif, dan kekuasaan yudikatif… (Montesquieu. 1748. Spirit Of Law).

Petunjuk pelaksana teknis untuk menjalankan perguruan tinggi yakni PP No. 60 tahun 1999 tentang perguruan tinggi.  PP ini turunan aturan dari UU No. 2 Tahun 1989 dan sekarang telah berubah menjadi UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam PP No. 60 Tahun 1999 di sebutkan pada pasal 41 ayat 4 Senat universitas/institut diketuai oleh Rektor, didampingi oleh seorang Sekretaris yang dipilih diantara para anggota senat universitas/institut.

Unlam memang bukanlah sebuah bentuk pemerintahan yang murni dan utuh layaknya  negara namun di unlamlah sebagai lembaga pendidikan tinggi ilmu di kaji dan di aplikasikan berladaskan nilai kebaikan sehingga ketika berbicara tentang sebuah aplikasi tata kelola organisasi pemerintah tak ada salah dan sungguh elok, jika unlam ini mencoba menerapkan sebuah bentuk pemisahan kekuasaan dalam tata kelola organisasinya seperti dikatakan montesquiea dan Negara ini lakukan agar ada proses check n balances (keseimbangan) dan proses modernisasi organisasi progresif itu terjadi dan masalah seperti ini tidaklah berulang di kemudian hari karena ketika PP ini tak dikoreksi dan revisi maka tak menutup kemungkinan hal seperti akan berulang terjadi sebab PP ini mengatur Pimpinan Legislatif (senat) dan Eksekutif (Rektor) dalam sebuah universitas itu adalah tunggal sehingga ini menjadi kan seorang pimpinan universitas memiliki kekuasaan dan wewenang yang luas. Ketika mencermati PP ini sebenarnya sudah tak relevan untuk menjadi acuan kelola dan kuasa dalam menjalankan sebuah universitas. (ach)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s